SIMBIOSA
Vol 4, No 2 (2015): JURNAL SIMBIOSA

PENGARUH PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA POKOK BAHASAN KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP DI KELAS VII SMP TUNAS BARU BATAM

Revida Pinem (Universitas Riau Kepulauan)
Nurhaty Purnama Sari (Universitas Riau Kepulauan)
Ramses Ramses (Universitas Riau Kepulauan)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2015

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah penerapan pendekatan proses keterampilan dapat memberikan pengaruh terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VII pada SMP Tunas Baru, dengan materi Klasifikasi Mahluk Hidup. Jumlah siswa yang mengikuti penelitian sebanyak 165 siswa dari total 5 kelas. Sampel diambil dari kelas VII C (XI) dengan perlakuan menggunakan pendekatan pembelajaran ketrampilan proses dan  kelas VII D (X2) dengan menggunakan pendekatan konvensional. Peralatan yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes dalam bentuk pilihan ganda 25 pertanyaan dengan teknik analisis data menggunakan Uji T tingkat α = 5%. Hasil penelitian rerata nilai post-test XI = 81.00 dan post test X2 = 70,45 dengan hasil Uji T menunjukkan bahwa Thitung = 5,44 Ttabel = 2,00 sehingga hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif diterima (H1). Ada perbedaan yang signifikan nilai rata-rata hasil belajar antara siswa yang dilakukan menggunakan pendekatan ketrampilan proses dengan pendekatan konvensional.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

simbiosajournal

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education

Description

ehadiran jurnal SIMBIOSA sangat diharapkan untuk meningkatkan publikasi ilmiah pada bidang pembelajaran Biologi dan Sains. Fokus dan cakupan SIMBIOSA secara deteil sebagai berikur: Pendidikan Biologi, mencakup : pembelajaran Biologi untuk sekolah menengah, dan perguruan tinggi; teknologi ...