Abstrak. Rumusan masalah dalam penelitian adalah apakah model pembelajaran Pair Checks (PC) efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep belajar matematika pada siswa SMP Istiqlal Deli Tua T.P 2019/2020. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajran Pair Checks (PC) efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep belajar matematika pada siawa SMP Istiqlal Deli Tua T.P 2019/2020. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest posttest control group design. Pengambilan sampel dilakukan secara acak. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes (pretest dan posttest yang berbentuk uraian). Berdasarkan hasil observasi, bahwa rata-rata yang diperoleh mencapai 89% > 79%. Dari pengujian hipotesis menggunakan uji t pada taraf signifikansi 0,05 dan derajat kebebasan (dk) = 58, diperoleh nilai thitung = 3,397 dengan nilai ttabel = 2,002. Berdasarkan uji peningkatan (N-Gain) bahwa terdapat peningkatan pada kelas eksperimen sebesar 0,6 dan pada kelas kontrol sebesar 0,2. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Pair Checks (PC) efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep belajar matematika pada siswa kelas VIII SMP Istislal Deli Tua T.P 2019/2020.Kata kunci: Efektivitas, Model Pair Checks (PC), Pemahaman konsep
Copyrights © 2020