Journal Mathematics Education Sigma [JMES]
Vol 1, No 1 (2020): JOURNAL MATHEMATICS EDUCATION SIGMA

Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Melalui Metode Penemuan Terbimbing Berbantuan Sofware Geogebra

Ismail Hanif Batubara (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jan 2020

Abstract

Abstrak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Apakah peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik mahasiswa yang diberi pembelajaran metode penemuan terbimbing berbantuan software Geogebra lebih tinggi dari pada mahasiswa yang diberi pembelajaran metode penemuan terbimbing tanpa software Geogebra, (2) Apakah terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematik mahasiswa terhadap peningkatan kemampuan Pemecahan Masalah matematik mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas prodi pendidikan matematika semester empat yang berjumlah kurang lebih 120 orang. Secara acak, dipilih dua kelas dari enam kelas. Kelas eksperimen diberi perlakuan metode penemuan terbimbing berbantuan Geogebra dan kelas control diberi perlakuan metode penemuan terbimbing tanpa bantuan Geogebra. Instrumen yang digunakan adalah tes uraian. Analisis data dilakukan dengan analisis varians (ANAVA) dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan (1) Peningkatan kemampuan Pemecahan Masalah matematis kelompok mahasiswa yang memperoleh pembelajaran metode penemuan terbimbing dengan menggunakan software Geogebra lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok mahasiswa yang memperoleh pembelajaran melalui metode penemuan terbimbing tanpa software Geogebra. (2) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal mahasiswa terhadap peningkatan kemampuan Pemecahan Masalah matematik mahasiswa . 

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jmes

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Fokus dari Journal Mathematics Education Sigma (JMES) ini: Pendidikan Matematika Pendidikan Matematika Realistik Kemampuan Matematika Pengembangan Penelitian Dalam Pendidikan Matematika ICT Dalam Pendidikan ...