Journal Mathematics Education Sigma [JMES]
Vol 1, No 2 (2020): JOURNAL MATHEMATICS EDUCATION SIGMA

Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran CRH (Course Review Horay) Dalam Meningkatkan Aktivitas Kemampuan Belajar Matematika

Maria Ulfa (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)
Suvriadi Panggabean (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
26 Sep 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran menggunakan model pembelajaran CRH ( Crouse Review Horay)  dapat meningkatkan kemampuan belajar matematika siswa kelas VII-3 SMP Cerdas Murni Tembung T.P 2020/2021. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Cerdas Murni yang berjumlah 120 siswa. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII-3, yang berjumlah 30 siswa, pada sesi pertama no absen 1 sampai 15 yang berjumlah 15 siswa sebagai kelas kontrol,  sedangkan untuk kelas eksperimen adalah siswa dengan nomor absen 16 sampai 30. Pada kontrol menggunakan model pembelajaran langsung sedangkan kelas eksperimen menggunakan model Crouse Review Horay. Instrumen yang digunakan adalah tes uraian yang berjumlah lima soal. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat perbedaan antara rata-rata aktivitas kemampuan belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung dengan model Crouse Review Horay dilihat berdasarkan uji N-Gain ternormalisasi pada kelas kontrol sebesar 0,5 tergolong sedang dan kelas eksperimen sebesar 0,7 tergolong tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Crouse Review Horay efektif dalam meningkatkan aktivitas kemampuan belajar matematika pada siswa SMP Cerdas Murni Tembung T.P 2020/2021.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jmes

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Fokus dari Journal Mathematics Education Sigma (JMES) ini: Pendidikan Matematika Pendidikan Matematika Realistik Kemampuan Matematika Pengembangan Penelitian Dalam Pendidikan Matematika ICT Dalam Pendidikan ...