Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia
Vol 1 No 1 (2019): Pedagogia

PENGARUH MODEL CIRCUIT LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI DITINJAU DARI KREATIVITAS SISWA SEKOLAH DASAR

Akhyar, Fitria (Unknown)
Sugianto, Sugianto (Unknown)
Erni, Erni (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Nov 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data empiris mengenai efektivitas model pembelajaran circuit learning terhadap kemampuan menulis puisi siswa ditinjau dari kreativitas siswa kelas V SDN 1 Gunung Terang Bandarlampung. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 1 Gunung Terang, Bandarlampung. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik multistage randomg sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi: (1) analisis data secara deskriptif; (2) Uji persyaratan; (3) analisis data secara inferensial. Teknik analisis data yang digunakan teknik ANAVA satu jalan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil perhitungan Anova satu jalan, diketahui nilai signifikasi (Sig.) sebesar 0,000 < 0,05. Jadi, dapat disimpulkan bahwa rata-rata nilai menulis puisi dari ketiga kategori kreativitas (tinggi-sedang-rendah) adalah “Berbeda” secara signifikan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

pedagogia

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia diperuntukkan sebagai media publikasi hasil penelitian ilmiah bagi dosen, guru, peneliti, dan pemerhati pendidikan dasar. Setiap naskah yang diserahkan akan disunting secara peer-review, dengan tahapan editing oleh session editor dan ditinjau oleh ...