Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data empiris mengenai efektivitas model pembelajaran circuit learning terhadap kemampuan menulis puisi siswa ditinjau dari kreativitas siswa kelas V SDN 1 Gunung Terang Bandarlampung. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 1 Gunung Terang, Bandarlampung. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik multistage randomg sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi: (1) analisis data secara deskriptif; (2) Uji persyaratan; (3) analisis data secara inferensial. Teknik analisis data yang digunakan teknik ANAVA satu jalan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil perhitungan Anova satu jalan, diketahui nilai signifikasi (Sig.) sebesar 0,000 < 0,05. Jadi, dapat disimpulkan bahwa rata-rata nilai menulis puisi dari ketiga kategori kreativitas (tinggi-sedang-rendah) adalah “Berbeda†secara signifikan.
Copyrights © 2019