Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia
Vol 2 No 1 (2020): Pedagogia

MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA BILANGAN BULAT MENGGUNAKAN PENDEKATAN PAKEM PADA SISWA KELAS IV SDN 8 GEDUNG AIR

Menerfah, Ros Aini (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2020

Abstract

Pemilihan judul penelitian ini adalah karena terdapat permasalahan rendahnya aktivitas dan prestasi belajar matematika khususnya operasi hitung bilangan bulat pada pelajaran Matematika siswa Kelas IV. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan prestasi belajar bilangan bulat pada mata pelajaran Matematika Sekolah Dasar Kelas IV Semester 1, menggunkanan pendekatan PAKEM. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 8 Gedung Air Bandar Lampung Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019. yang berjumlah 34 siswa. Data diperoleh dari catatan lembar pengamatan observer terhadap proses pembelajaran yang direncanakan peneliti, lembar pengamatan aktivitas belajar dan lembar tes untuk mengetahui prestasi belajar. Data dianalisis dengan statistik sederhana yaitu persentase.Berdasarkan temuan dan hasil pembahasan selama 3 siklus, peningkatan aktivitas belajar siswa Siklus I mencapai 56%, Siklus II mencapai 76%, Sklus III mencapai 85%. Prestasi belajar Siklus I Tuntas 52%, Siklus II Tuntas 86% Siklus III 100% dan pengamatan observer yang bermitra dengan peneliti menunjukkan kriteria rata-rata baik. Kesimpulan penelitian bahwa penggunaan pendekatan PAKEM dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar matematika bilangan bulat siswa kelas IV SDN 8 Gedung Air Bandar Lampung Semester 1 TP 2018/2019.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

pedagogia

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia diperuntukkan sebagai media publikasi hasil penelitian ilmiah bagi dosen, guru, peneliti, dan pemerhati pendidikan dasar. Setiap naskah yang diserahkan akan disunting secara peer-review, dengan tahapan editing oleh session editor dan ditinjau oleh ...