Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia
Vol 2 No 1 (2020): Pedagogia

UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR IPS DENGAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 1 GEDUNG AIR BANDAR LAMPUNG TP 2019/2020

Saring, Yahno (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Sep 2020

Abstract

Berdasarkan hasil pra penelitian pelaksanaan pembelajaran IPS (1) kegiatan pembelajaran masih banyak didominasi oleh guru sehingga siswa kurang aktif dalam belajar (2) metode yang digunakan dalam pembelajaran IPS metode ceramah, dimana informasi / konsep-konsep yang dipelajari diberitahukan atau disajikan dengan metode ceramah saja ; (3) dalam proses pembelajaran guru kurang memberikan penguat berupa pemberian motivasi kepada siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan aktivitas belajar IPS pada siswa kelas V SD Negeri 1 Gedung Air Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2019/2020. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar IPS pada siswa kelas V SD Negeri 1 Gedung Air Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2019/2020. Hasil penelitian pada proses pembelajaran IPS dengan menggunakan metode demonstrasi pada siswa kelas V SD Negeri 1 Gedung Air Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2019/2020, yaitu sebagai berikut : Pada siklus 1 kinerja guru mencapai 67% dan aktivitas siswa mencapai 63%. Pada siklis II kinerja guru mencapai 78% dan aktivitas siswa mencapai 71%. Pada siklus III kinerja guru mencapai 88% dan aktivitas siswa mencapai 92%.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

pedagogia

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia diperuntukkan sebagai media publikasi hasil penelitian ilmiah bagi dosen, guru, peneliti, dan pemerhati pendidikan dasar. Setiap naskah yang diserahkan akan disunting secara peer-review, dengan tahapan editing oleh session editor dan ditinjau oleh ...