Berdasarkan hasil pra penelitian pelaksanaan pembelajaran IPS (1) kegiatan pembelajaran masih banyak didominasi oleh guru sehingga siswa kurang aktif dalam belajar (2) metode yang digunakan dalam pembelajaran IPS metode ceramah, dimana informasi / konsep-konsep yang dipelajari diberitahukan atau disajikan dengan metode ceramah saja ; (3) dalam proses pembelajaran guru kurang memberikan penguat berupa pemberian motivasi kepada siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan aktivitas belajar IPS pada siswa kelas V SD Negeri 1 Gedung Air Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2019/2020. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar IPS pada siswa kelas V SD Negeri 1 Gedung Air Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2019/2020. Hasil penelitian pada proses pembelajaran IPS dengan menggunakan metode demonstrasi pada siswa kelas V SD Negeri 1 Gedung Air Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2019/2020, yaitu sebagai berikut : Pada siklus 1 kinerja guru mencapai 67% dan aktivitas siswa mencapai 63%. Pada siklis II kinerja guru mencapai 78% dan aktivitas siswa mencapai 71%. Pada siklus III kinerja guru mencapai 88% dan aktivitas siswa mencapai 92%.
Copyrights © 2020