Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam
Vol 10, No 1 (2018): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam

Tingkat Literasi Membaca Peserta Didik Kelas IV di SD Muhammadiyah Bantul Kota

Ika Nur Harini (Sekolah Dasar Islam Terpadu Ar-Raihan, Bantul)



Article Info

Publish Date
09 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat literasi membaca peserta didik kelas IV SD Muhammadiyah Bantul Kota. Penelitian kuantitatif noneksperimen dengan metode kuantitatif deskripstif dilaksanakan di kelas IV SD Muhammadiyah Bantul Kota dengan penentuan sampel menggunkan teknik random sampling sehingga diperoleh kelas IV A sebagai sampel. Instrumen tes yang digunakan adalah tes PIRLS Framework yang bersifat internasional dan tes buatan penulis serta angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat literasi membaca dari aspek tujuan membaca dan proses pemahaman terbagi menjadi 5 kriteria, yaitu terdapat 10 peserta didik yang memperoleh kriteria A, 10 peserta didik dengan kriteria B, 3 peserta didik dengan kriteria C, 3 peserta didik dengan Kriteria D, dan 5 peserta didik dengan kriteria E. Kemudian untuk rata-rata persentasenya adalah 67 dengan kriteria B yaitu tinggi.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

home

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

https://jurnal.albidayah.id/index.php/home/about/editorialPolicies#focusAndScope The focus of the Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam publication is on various issues found in the field of Islamic Basic Education, both as material objects and or as formal objects. We invite scientists, ...