Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam
Vol 9, No 1 (2017): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam

Pengembangan Situs E-Learning Dengan Moodle Versi 3.1 Sebagai Media Pembelajaran Pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Hamdan Husein Batubara (Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin)



Article Info

Publish Date
09 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat situs e-learning dengan Moodle versi 3.1. dan mengkaji hasil penggunaannya sebagai media pembelajaran pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Penelitian ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan (research and development) untuk menghasilkan sebuah situs e-learning. Dosen dan mahasiswa mendaftar pada situs e-learning dilakukan secara mandiri dengan e-mail. Pengguna yang berhasil mendaftar pada situs e-learning akan mendapatkan peran authentical user (pengguna terdaftar). Authentical user dapat mengikuti sebuah mata kuliah dengan cara mendaftar menggunakan sandi mata kuliah. Administrator memberikan peran Manager kepada akun dosen agar ia dapat mandiri dalam membuat dan mendaftarkan dirinya sebagai pengajar pada sebuah halaman mata kuliah. Fitur-fitur untuk menyajikan bahan ajar terdiri dari format buku, halaman tunggal, file, folder, dan URL. Aktivitas pembelajaran yang tersedia adalah forum diskusi, penugasan online, ujian online, feedback, dan kuesioner online. Rata-rata skor ahli media menyatakan bahwa kualitas e-learning berada pada kategori baik dan para pengguna percaya bahwa e-larning efektif digunakan sebagai media pembelajaran. Produk yang dikembangkan telah memenuhi saran ahli media dan para pengguna e-learning.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

home

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

https://jurnal.albidayah.id/index.php/home/about/editorialPolicies#focusAndScope The focus of the Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam publication is on various issues found in the field of Islamic Basic Education, both as material objects and or as formal objects. We invite scientists, ...