Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam
Vol 1, No 1 (2009): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam

Kajian Psikologis Terhadap Stimulasi Visual Alam Pembelajaran PAI untuk Anak Usia Sekolah Dasar/MI

Nur Saidah (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2018

Abstract

Menurut psikologi perkembangan anak-anak di sekolah dasar, setidaknya ada dua alasan utama pemanfaatan rangsang visual dalam proses belajar-mengajar. Pertama, stimulasi visual yang lebih menarik untuk memperkaya motitvasi anak dalam belajar, karena siswa akan menikmati proses ini, bahan-bahan yang dapat dijelaskan dengan mudah, metode akan bervariasi dan siswa selves akan melibatkan mereka dalam proses belajar-mengajar, tidak hanya mendengar pelajaran dari guru, tetapi juga mengamati, mencari atau mendemonstrasikan pesan dari ilustrasi. Kedua, stimulasi visual yang sesuai dengan perkembangan psikologis anak-anak di sekolah dasar karena media ini menjelaskan konsep abstrak menjadi konkrit dan menyederhanakan kerumitan pelajaran. Hal ini sangat pmti11g untuk proses belajar PAI yang kebanyakan terdiri dari bahan-bahan dmgan konsep  abstrak. Selain  itu  penggunaan  stimulasi  visual akan  memungkinkan guru membuat joyful learning sehingga  belajar siswa tidak  di bawah  tekanan  dan proses pembelajaran PAI  akan  produktif,  penuh kreativitas, aktivitas,   efektivitas dan kegembiraan.

Copyrights © 2009






Journal Info

Abbrev

home

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

https://jurnal.albidayah.id/index.php/home/about/editorialPolicies#focusAndScope The focus of the Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam publication is on various issues found in the field of Islamic Basic Education, both as material objects and or as formal objects. We invite scientists, ...