JPS Unimus
Vol 3, No 2 (2015): JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG

IDENTIFIKASI PENGGUNAAN BAHAN AJAR PADA SMK KESEHATAN BAKTI INDONESIA MEDIKA

Beta Wulan Febriana (Unknown)
- Ashadi (Unknown)
- M. Masykuri (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan bahan ajar yang digunakan pada SMK KesehatanBakti Indonesia Medika kelas XI pada materi senyawa hidrokarbon dan turunannya. Komponenkelayakan yang diteliti meliputi, kelayakan isi, penyajian, bahasa dan keterbacaan serta kegrafisanPenelitian yang dilakukan mengikuti penelitian deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupangket kelayakan dan hasil wawancara. Bahan ajar yang digunakan dinilai oleh 10 guru SMK. Hasdari penelitian ini yakni bahan ajar yang digunakan di SMK Kesehatan Bakti Indonesia Medika adalamodul yang terintegrasi dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Kelayakan bahaajar yang berupa modul ini diperoleh sebesar 3.39 dengan kriteria “Baik”.   Kata Kunci: PBL (Problem Based Learning), modul kimia, hidrokarbon, motivasi berprestasi.   

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

JPKIMIA

Publisher

Subject

Chemistry Education Environmental Science Physics Social Sciences Other

Description

The focus and scope of JPS includes the following topics: Science Education Chemistry Education Biology Education Physics Education Enviromental Education Educational evaluation and ...