JPS Unimus
Vol 4, No 2 (2016): JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG

PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN SIKLUS BELAJAR TERHADAP PENINGKATAN KETRAMPILAN BERPIKIR RASIONAL ANAK SEKOLAH DASAR

Sri Handayani (Universitas Terbuka Semarang)



Article Info

Publish Date
20 Oct 2016

Abstract

Penelitian dilakukan untuk menemukan model yang cocok dalam pembelajaran IPA sehingga dapat meningkatkan keterampilan berpikir rasional anak. Berdasarkan hasil pengamatan di lapangan proses pembelajaran IPA masih berpusat pada guru dan kurang memberikan kesempatan pada siswa untuk membangun pengetahuan sendiri melalui keterampilan berpikir rasional. Kemampuan berpikir rasional perlu dikembangkan sejak dini karena merupakan dasar dari kemampuan berpikir kompleks untuk memahami masalah sains dan matematika.Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan analisis GBPP, bahan ajar dan teori-teori belajar IPA.Selanjutnya merancang model pembelajaran yang cocok yaitu model siklus belajar yang dilandasi pandangan konstruktivisme sehingga dapat meningkatkan keterampilan berpikir rasional anak.Model pembelajaran yang berpusat pada siswa, memperhatikan konsepsi awal siswa dan menggunakan lingkungan siswa sebagai sumber belajar. Ciri khas dari model ini adalah dalam melaksanakamn proses pembelajaran dalam tiga tahap mulai dari explorasi, pengenalan konsep dan penerapan konsep.Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar, observasi dan wawancara. Selanjutnya data dilakukan analisis normalitas , homogenitas dan uji t terhadap hasil tes. Presentase penguasaan konsep, keterampilan berpikir rasional, keterampilan prose IPA dan hasil wawancara didiskripsikan kemudian disimpulkan. Hasil uji coba tersebut menunjukan bahwa model siklus belajar yang dikembangkan untuk materi penyesuaian makhluk hidup meningkatkn keterampilan berpikir rasional, keterampilan proses IPA dan penguasaan konsep siswa.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

JPKIMIA

Publisher

Subject

Chemistry Education Environmental Science Physics Social Sciences Other

Description

The focus and scope of JPS includes the following topics: Science Education Chemistry Education Biology Education Physics Education Enviromental Education Educational evaluation and ...