JPS Unimus
Vol 5, No 2 (2017): JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG

PEMAHAMAN PENDIDIKAN SEKS USIA DINI MELALUI MODUL ANGGOTA TUBUH MANUSIA

Sekar Dwi Ardianti (Universitas Muria Kudus)
Ristiyani Ristiyani (Universitas Muria Kudus)



Article Info

Publish Date
18 Oct 2017

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini untuk mengkaji pemahaman pendidikan seks usia dini melalui penerapan modul anggota tubuh manusia. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest posttest control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas 1 SD N 1 Mlati Lor Kudus sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas 1 SD N 1 Purwosari Kudus sebagai kelas kontrol. Pembelajaran dengan menggunakan modul anggota tubuh manusia dilakukan di kelas eksperimen, sedangkan kelas kontrol menggunakan bahan ajar buku dari pemerintah. Hasil uji-t menunjukkan bahwa nilai thitung2,395 > ttabel 1,994. Hal tersebut berati bahwa terdapat perbedaan yang signifikan rata-rata skor peningkatan pretest posttest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.  Penggunaan modul anggota tubuh manusia memberikan pengaruh yang positif terhadap peningkatan pemahaman pendidikan seks usia dini

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JPKIMIA

Publisher

Subject

Chemistry Education Environmental Science Physics Social Sciences Other

Description

The focus and scope of JPS includes the following topics: Science Education Chemistry Education Biology Education Physics Education Enviromental Education Educational evaluation and ...