JPS Unimus
Vol 4, No 1 (2016): JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS HSPS DIPADUKAN BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA XI IPA SMA KRISTEN PETRA MALANG

Gamaliel Septian Airlanda (Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Kristen Satya Wacana)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2016

Abstract

Pendidikan menjadi salah satu tonggak dasar pengendalian pola perkembangan era global. Biologisebagai bagian dari sains harus mengikuti perkembangan zaman tanpa meninggalkan hakikat sains. Namun kenyataannya guru dan siswa cenderung fokus pada pencapaian nilai kognitif yang tinggi dibandingkan keterampilan sains. Solusi pembelajaran dengan mengembangkan modul berbasis Home Science Process Skill (HSPS) yang merupakan pengorganisasian materi pembelajaran yang mengembangkan keterampilan proses sains berbasis kehidupan sehari-hari (daily life) dan dapatdilakukan oleh siswa di rumah dengan bimbingan guru. Pengembangan modul pembelajaran telahmendapatkan respon positif dari ahli dan juga siswa dengan kriteria valid tanpa revisi. Keterampilanproses sains berhasil meningkat dari 71,31% menjadi 78,77%. Keunggulan pembelajaran ini adalah:adanya peran teknologi informasi, peran orang tua, sumber belajar variatif, kontekstual, berbasisproyek, siswa mengembangkan produk nyata.Kata kunci: modul pembelajaran biologi, home science process skill dipadukan blended learning, keterampilan proses sains

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

JPKIMIA

Publisher

Subject

Chemistry Education Environmental Science Physics Social Sciences Other

Description

The focus and scope of JPS includes the following topics: Science Education Chemistry Education Biology Education Physics Education Enviromental Education Educational evaluation and ...