Salah satu hal penting dalam kegiatan praktikum adalah kegiatan mengkomunikasikan hasilpengamatan menjadi sebuah konsep. Kegiatan mengkomunikasikan hasil pengamatan yang seringdilakukan di sekolah adalah dalam bentuk laporan praktikum. Kelemahan laporan praktikum yang adaselama ini adalah bentuk laporan yang monoton. Akibatnya, salah satu indikator keterampilan prosessains, yaitu mengkomunikasikan data, di SMP Negeri 3 Semarang masih relatih rendah. Selain itu,minat siswa terhadap indikator ini juga rendah. Untuk itu diperlukan adanya inovasi dalam kegiatanmengkomunikasikan hasil pengamatan siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahuiadanya peningkatan minat siswa terhadap pembelajaran IPA melalui inovasi laporan praktikumdengan media poster. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis action research (PTK) dengantiga kali siklus. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, lembar angket dan soal evaluasi.Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar kognitif, kreativtas dan minat siswaterhadap pembelajaran IPA.Kata kunci : Pembelajaran IPA, Minat, Poster.
Copyrights © 2015