Nabla Dewantara : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 2 No 1 (2017): Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika

ANALISIS PROSES BERPIKIR KREATIF DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN GUARDIAN DAN IDEALIS

Rizky Wahyu Yunian Putra (Dosen Pend. Matematika UIN Raden Intan Lampung)



Article Info

Publish Date
03 Nov 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan proses berpikir kreatif siswa SMA pada tahun akademik 2016/2017, subjek penelitian ini adalah 2 siswa dari kelas X SMA di Bandar Lampung. yang terdiri dari 1 siswa dengan tipe kepribadian guardian, dan 1 siswa dengan tipe kepribadian idealis yang diambil berdasarkan dimensi kepribadian David Keirsey, yaitu tipe kepribadian guardian inisial (GIV) dan tipe kepribadian idealis inisial (NFM) proses berpikir kreatif pada langkah-langkah Wallas, yaitu persiapan, inkubasi, iluminasi, dan verifikasi. Pendekatan ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini diambil dengan menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini tes tertulis, dan wawancara pada materi dimensi tiga. Teknik validasi data menggunakan triangulasi waktu. Temuan penelitian menunjukkan bahwa proses berpikir kreatif dari tipe kepribadian guardian. (a) Pada tahap persiapan cenderung lama dalam memperoleh informasi. (b) Pada tahap inkubasi subjek berhenti sejenak untuk mengendapkan pikirannya, (c) Pada tahap iluminasi lebih terpaku pada cara-cara yang telah diajarkan oleh guru, (d) Pada tahap verifikasi dapat mengevaluasi solusi dengan memeriksa kembali solusi masalahnya. Proses berpikir kreatif dari tipe kepribadian Idealis. (a) Pada tahap persiapan subjek cenderung berhati-hati, dan tidak membutuhkan waktu yang lama untuk memahamkan maksud soal, subjek dapat menyajikan informasi baik secara lisan maupun tulisan. (b) Pada tahap inkubasi subjek sempat berhenti sejenak meyakinkan bahwa dirinya yakin dengan kemampuan yang dimilikinya, (c) Pada tahap iluminasi subjek berhasil menemukan solusi masalahnya dan dapat mengembangkan gagasannya dengan baik karena dapat membuat alternatif lain, (d) Pada tahap verifikasi subjek dapat menerapkan alternatif lain.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

nabla

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika (ISSN 2528-3901) merupakan jurnal nasional pendidikan matematika yang menjadi media publikasi hasil penelitian dan karya ilmiah. NABLA DEWANTARA menerima naskah dalam bidang pendidikan matematika secara luas, baik hasil penelitian maupun kajian teori. ...