Nabla Dewantara : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 2 No 2 (2017): Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika

ANALISIS PROSES BERPIKIR KRITIS DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN RATIONAL DAN GUARDIAN

Novitasari Novitasari (Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung)
Rizki Wahyu Yunian Putra (Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung)



Article Info

Publish Date
13 Mar 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengambarkan proses berpikir kritis siswa hasil temuan penelitian menunjukan bahwa: (1) Proses berpikir kritis dari tipe kepribadian Rational. subjek dapat mengungkapkan apa yang diketahui dan ditanyakan dari soal tersebut, subjek mampu menguhubungkan informasi penting dari soal dan mampu menentukan strategi yang digunakan untuk menyelesaikan soal, subjek dapat membuat model matematika, subjek dapat menentukan metode penyelesaian dari metode matematika yang telah dipelajari dapat menyimpulkan serta dapat mengevaluasi jawaban yang telah didapatkan. (2) Proses berpikir kritis dari tipe Guardian. subjek dapat mengungkapkan apa yang diketahui dan ditanyakan dari soal tersebut, subjek mampu menguhubungkan informasi penting dari soal dan mampu menentukan strategi yang digunakan untuk menyelesaikan soal, namun tidak dapat membuat model matematika, tidak dapat menentukan metode penyelesaian dari metode matematika yang telah dipelajari serta tidak dapat menyimpulkan dan mengevaluasi jawabannya.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

nabla

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika (ISSN 2528-3901) merupakan jurnal nasional pendidikan matematika yang menjadi media publikasi hasil penelitian dan karya ilmiah. NABLA DEWANTARA menerima naskah dalam bidang pendidikan matematika secara luas, baik hasil penelitian maupun kajian teori. ...