Nabla Dewantara : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 4 No 1 (2019): Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika

EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) PADASISWA KELAS X SMA NEGERI 3 SIDRAP

Sri Satriani (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Siti Fahmia (Universitas Muhammadiyah Makassar)



Article Info

Publish Date
23 Jun 2019

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pra-eksperimen yang melibatkan satu kelas sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan desain eksperimen One-Group Pretest-Postest Design yang bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran matematika melalui Model Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) pada siswa kelas X SMA Negeri 3 Sidrap dengan sampel 32 orang siswa. Data dikumpul dengan menggunakan beberapa instrumen penelitian yaitu tes hasil belajar, lembar observasi dan angket. Selanjutnya data yang terkumpul telah dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptip dan analisis statistik inferensial. Hasil belajar matematika siswa kelas X IIS2 SMA Negeri 3 Sidrap setelah diterapkan Model Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) mengalami peningkatan dengan nilai gain ternormalisasi berada pada interval g≥0,7 yang menandakan bahwa peningkatan hasil belajar yang terjadi dikategorikan tinggi. Aktivitas siswa yang berkaitan dengan kegiatan pembelajaran dari aspek yang diamati secara keseluruhan dikategorikan aktif. Hal ini ditunjukkan dengan perolehan rata-rata persentasi aktivitas siswa yaitu sebanyak 81,47,% aktif dalam pembelajaran matematika.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

nabla

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika (ISSN 2528-3901) merupakan jurnal nasional pendidikan matematika yang menjadi media publikasi hasil penelitian dan karya ilmiah. NABLA DEWANTARA menerima naskah dalam bidang pendidikan matematika secara luas, baik hasil penelitian maupun kajian teori. ...