Nabla Dewantara : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 4 No 2 (2019): Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika

PENGARUH STRATEGI RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERRING (REACT) TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SMP DHARMA BHAKTI PALEMBANG

Defri Pratama (Unknown)
Eva Susanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Nov 2019

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk melihat pengaruh pembelajaran dengan strategi Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT) terhadap kemampuan koneksi matematis siswa di SMP Dharma Bhakti Palembang pada tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini dilakukan dengan tiga tahapan, yaitu tahap observasi dan perencanan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi serta pelaporan. Berdasarkan hasil indikator kemampuan matematis siswa diperoleh hasil analisis data hasil tes koneksi matematis siswa materi pokok prisma pada kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Pada tes akhir rata-rata untuk kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol, yaitu 79,2 dan 64,5. Sehingga disimpulkan ada pengaruh strategi pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT) terhadap kemampuan koneksi matematis siswa SMP Dharma Bhakti Palembang.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

nabla

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika (ISSN 2528-3901) merupakan jurnal nasional pendidikan matematika yang menjadi media publikasi hasil penelitian dan karya ilmiah. NABLA DEWANTARA menerima naskah dalam bidang pendidikan matematika secara luas, baik hasil penelitian maupun kajian teori. ...