Nabla Dewantara : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 5 No 1 (2020): Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika

CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP

Rika Firma Yenni (Unknown)
Malalina Malalina (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2020

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMPIT Izzuddin Palembang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPIT Izzuddin Palembang tahun pelajaran 2018/2019. Sampel yang diambil dalam penelitian ini melalui Teknik Random Sampling. Dari populasi diambil dua kelas yang ada sebagai kelas eksperimen (VIII Damaskus) yang berjumlah 20 siswa dan kelas kontrol (VIII Palestina) yang berjumlah 20 siswa. Metode yang digunakan adalah True Eksperimen Design yaitu kategori Posttest – Only Control Group Design. Pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji-t. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMPIT Izzuddin Palembang.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

nabla

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika (ISSN 2528-3901) merupakan jurnal nasional pendidikan matematika yang menjadi media publikasi hasil penelitian dan karya ilmiah. NABLA DEWANTARA menerima naskah dalam bidang pendidikan matematika secara luas, baik hasil penelitian maupun kajian teori. ...