Nabla Dewantara : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 5 No 1 (2020): Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TAI UNTUK MENGETAHUI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS

Dian Apriani (Unknown)
Eka Nita Permata (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2020

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa setelah diterapkan model pembelajaran TAI. Metode penelitian menggunakan metode eksperimen semu kategori one short case study. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII.D yang berjumlah 41 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif kuantitatif. Simpulan dalam penelitian ini adalah pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif TAI dapat diterapkan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 40 Palembang dapat dilihat dari hasil observasi siswa dengan rata-rata 77,27 kategori baik dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dikategorikan baik dilihat dari hasil tes akhir dengan nilai rata-rata 84,63.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

nabla

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika (ISSN 2528-3901) merupakan jurnal nasional pendidikan matematika yang menjadi media publikasi hasil penelitian dan karya ilmiah. NABLA DEWANTARA menerima naskah dalam bidang pendidikan matematika secara luas, baik hasil penelitian maupun kajian teori. ...