Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 5, No 2 (2021)

Program One Week One Story Berbasis Keislaman sebagai Bekal Keterampilan Abad 21 pada Anak Usia Dini

Candra Wijaya (Manajemen Pendidikan Islam, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan)
Rahmat Rifai Lubis (Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Sumatera Medan)
Haidir Haidir (Akuntansi, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan)
Suswanto Suswanto (Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi IlmuTarbiyah Al Hikmah Tebing Tinggi)
Imron Bima Saputra (Pendidikan Islam, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan)



Article Info

Publish Date
08 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis program one week one story berbasis keislaman untuk mengatasi problematika kemampuan bahasa dan sosial AUD di TK Rusyda Medan. Pendekatan yang digunakan ialah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data melalui teknik wawancara mendalam dengan panduan instrumen terstruktur, observasi dan kajian dokumen. Selanjutnya data dianalisa dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa problematika kemampuan bahasa dan sosial AUD bersumber dari dalam diri anak (internal) dan luar diri anak (eksternal). Untuk mengatasinya diterapkan program one week one story berbasis keislaman. Penerapan program ini dilakukan dengan memberikan kesempatan kepada anak untuk menceritakan pengalaman selama liburan akhir pekan terutama cerita dengan konten keislaman seperti pengalaman Ibadah, silaturrahim, membaca Al-Quran, dan taawun. Dalam penerapan program tersebut kendala yang dihadapi ialah rasio guru dan siswa tidak sebanding dan kurangnya kerjasama guru dan orang tua.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...