Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 5, No 1 (2021)

Pengembangan Media Stimulasi Sensori Anak Usia 4-6 Tahun Berbasis Aktivitas Bermain Tujuh Indera

Rosiyanah Rosiyanah (Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Jakarta)
Yufiarti Yufiarti (Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Jakarta)
Sri Martini Meilani (Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
17 Sep 2020

Abstract

Keterbatasan pemberian stimulasi sensori pada tahun-tahun pertama kelahiran anak telah memunculkan berbagai perilaku anak dengan masalah sensori, sehingga menjadi kendala dalam beraktivitas sehari-hari saat anak memasuki dunia prasekolah. Berlatar kondisi itu maka penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media cetak berupa buku panduan aktivitas pembelajaran yang dapat menstimulasi kemampuan sensori anak usia 4-6 tahun dengan pendekatan bermain inderawi berbasis tujuh indera yang membantu guru dalam menstimulasi sensori anak. Metode penelitian menggunakan Research and Development (RD) dengan model pengembangan ADDIE yang terintegrasi dengan model Rowentree. Penelitian ini dilakukan pada 35 orang guru Taman Kanak-Kanak se Kecamatan Cempaka Putih, Jakarta Pusat. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa buku panduan yang dikembangkan memiliki kualitas yang sangat valid dan sangat layak untuk digunakan para guru dalam dalam memberikan stimulasi sensori yang terintegrasi dengan aktivitas pembelajaran yang tersusun secara terstruktur dan terkonsep, sehingga anak dapat berperilaku tepat terhadap sensasi yang muncul di lingkungan sekitar.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...