Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 3, No 2 (2019)

Model Penilaian Kemampuan Penalaran Proporsional pada Mahasiswa Calon Guru Anak Usia 6-7 Tahun

Rahmi Tasty Rosandi (Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Jakarta)
Yetti Supriyati (Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Jakarta)
Elindra Yetti (Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
17 Jul 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk penilaian yang digunakan untuk mengukur kemampuan penalaran proporsional mahasiswa calon guru anak usia 6-7 Tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan model Borg and Gall, yang meliputi pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan produk awal, ujicoba one to one, revisi hasil ujicoba, ujicoba skala kecil dan ujicoba skala besar. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa S1 PGSD yang dilakukan sebanyak tiga tahap ujicoba, yaitu uji coba one to one sebanyak 10 orang mahasiswa, uji coba kelompok kecil sebanyak 15 orang mahasiswa, dan uji coba kelompok besar sebanyak 30 orang mahasiswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian berdasarkan uji coba yang telah dilakukan serta dilihat dari tingkat kesukaran, reliabel dan kevalidan soal, maka diperoleh hasil akhir dari penggunaan produk penilaian sebesar 64,79%. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa model yang dikembangkan menunjukkan interpretasi yang baik dan layak untuk diimplementasikan sebagai alat penilaian untuk mengukur kemampuan penalaran proporsional.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...