Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 5, No 2 (2021)

Identifikasi Kontributor Pengembangan Kognitif Anak Prasekolah: Guru, Teman, Lingkungan Fisik Sekolah?

Agustina Hendriati (Psikologi, Unika Atma Jaya Indonesia, Jakarta)
Soegeng Santoso (Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Universitas Indraprasta PGRI)



Article Info

Publish Date
07 Nov 2020

Abstract

Studi ini ingin menemukan kontributor modifiabilitas kognisi anak sesuai pilar pendidikan, apakah interaksi dengan guru, teman sebaya atau lingkungan fisik TK. Subjek penelitian adalah 42 anak dan 22 guru TK di Jakarta yang dipilih secara purposif dan dirating dengan instrumen fungsi kognitif (ACFS), interaksi mediatif (MLERS dan MLE teman) serta lingkungan sekolah (ECERS-R), semuanya dalam setting alami. Data diolah dengan analisis regresi. Hasil menunjukkan anak memiliki potensi modifiabilitas kognisi khususnya terkait interaksi mediatif dengan guru dan faktor sosial ekonomi. Ditemukan juga bahwa guru masih perlu meningkatkan keterampilan memediasi perkembangan kognitif, utamanya di kelompok SES menengah bawah. Interaksi mediatif dengan teman sangat terbatas dan lingkungan sekolah belum sesuai dengan prinsip DAP. Pembahasan mengacu pada isu metodologis dan konteks Indonesia.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...