Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 5, No 2 (2021)

Pendekatan Open-Ended dalam Mempengaruhi Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Anak Usia Dini

Rohmalina Rohmalina (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Siliwangi)
Ema Aprianti (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Siliwangi)
Ririn Hunafa Lestari (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Siliwangi)



Article Info

Publish Date
23 Nov 2020

Abstract

Kemampuan lambang bilangan bagi anak usia dini penting dirangsang untuk memahami konsep matematika dijenjang pendidik selanjutnya. Akan tetapi pemahaman guru dalam mengajarkan matematika yang baik dan tepat masih kurang, sehingga dilakukan penelitian terkait dengan konsep bilangan terhadap pendekatan open-ended sebagai metode pembelajaran anak usia dini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan sampel penelitian adalah anak-anak dari kelas A yang terbagi menjadi dua kelas dengan menggunakan lembar observasi sebagai teknik pengumpulan data yang kemudian dianalisis dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan data pre-test pada dua kelas memiliki kemampuan yang sama. Setelah diberikan treatment dan dilakukan post-test diperoleh perhitungan uji statistik menggunakan t-test bahwa terdapat perbedaan konsep bilangan anak usia dini setelah diberikan pembelajaran dengan pendekatan open-ended, sehingga anak usia dini mampu menyelesaikan konsep bilangan matematika yang bersifat abstrak melalui pembelajaran yang terbuka dengan memberikan kesempatan kepada anak dalam memecahkan masalah sendiri.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...