Journal of Educational Review and Research
Vol 2, No 2 (2019): VOLUME 2 NUMBER 2 DECEMBER 2019

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFE TIPE RECIPROCAL TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA INTENSIF PADA SISWA MTS DARUL ULUM CEPALA

Molek Molek (STKIP Singkawang)
Susan Neni Triani (STKIP Singkawang)
Lili Yanti (STKIP Singkawang)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui keterlaksanaan proses pembelajaran kooperatif tipe reciprocal teaching, (2) Mengtahui seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe reciprocal teaching, dan (3) Mengtahui respon siswa tehadapnditerapkannya model model pembelajaran kooperatif tipe reciprocal teaching pada materi mengungkapkan hal-hal yang dapat diteladani dari buku biografi dengan membaca intensif. Bentuk penelitian ini pre-eksperimental dengan rancangan one group pretest-posttest design.Dalam rancangan penelitian ini dilakukan pengukuran berupa pretest kemudian diberikan perlakuan dengan jangka waktu tertentu, kemudian dilakukan pengukuran berupa posttest. Instrumen tes berupa tes esai yang telah diuji cobakan dengan reliabilitas sebesar 0,54 kriteria cukup. Berdasarkan perbandingan tes awal (pretest) sebelum perlakuan dan tes akhir (posttest) setelah diberi perlakuan dengan model pembelajaran kooperatif tipe reciprocal teaching diperoleh hasil nilai bahwa nilai posttest lebih tinggi dari nilai pretest, sehingga diperoleh nilai N-Gain sebesar 0,53 dengan kriteria sedang. Keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe reciprocal teaching pada materimengungkapkan hal-hal yang dapat diteladani dari buku biografi memperoleh nilai sebesar 87,865% kriteria baik sekali. Untuk respon siswa secara keseluruhan terhadap materi mengungkapkan hal-hal yang dapat diteladani dari buku biografi menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe reciprocal teachingdengan persentase sebesar 62,85%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan materi mengungkapkan hal-hal yang dapat diteladani dari buku biografi dengan membaca intensif melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe reciprocal teaching di kelas VII B MTs Darul Ulum Cepala dapat dikatakan meningkat.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JERR

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal Of Educational Review and Research (JERR) is published by Institute for managing and publishing scientific journal STKIP Singkawang in 2017 and periodically published twice per year on July and December, with e-ISSN : 2597-9760 and p-ISSN : 2597-9752. JERR aims to becoming the publication ...