Journal of Educational Review and Research
Vol 3, No 1 (2020): VOLUME 3 NUMBER 1 JULY 2020

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA MATERI SEGITIGA

Rina Anggraini (STKIP Singkawang)
Citra Utami (STKIP Singkawang)
Rika Wahyuni (STKIP Singkawang)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2020

Abstract

Penggunaan model pembelajaran bisa digunakan sebagai perangsang minat dan motivasi belajar peserta didik agar bisa terlibat secara aktif dalam pembelajaran. Adapun tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi segitiga di kelas VII Madrasah Tsanawiyah Nurusshibyan Singkawang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasy eksperimental dengan menggunakan dua kelas sebagai sampel. Penelitian dilakukan di Madrasah Tsanawiyah Nurusshibyan Singkawang tahun ajaran 2014/2015, kelas eksperimen adalah kelas VII A yang mendapatkan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dengan jumlah peserta didik sebanyak 32 orang dan kelas kontrol adalah kelas VII B yang mendapatkan model pembelajaran Langsung dengan jumlah peserta didik sebanyak 32 orang. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Segitiga. Berdasarkan hasil analisis statistik yang dilakukan diperoleh bahwa terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman konsep akhir yang signifikan antara peserta didik yang mendapatkan model pembelajaran MMP dan model pembelajaran langsung. Adapun peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik dari kedua kelas dikategorikan tinggi. Respon peserta didik terhadap model pembelajaran MMP menghasilkan respon baik dan keterlaksanaan aktivitas peserta didik terhadap model pembelajaran MMP dikategorikan baik

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JERR

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal Of Educational Review and Research (JERR) is published by Institute for managing and publishing scientific journal STKIP Singkawang in 2017 and periodically published twice per year on July and December, with e-ISSN : 2597-9760 and p-ISSN : 2597-9752. JERR aims to becoming the publication ...