Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 4, No 2 (2020)

Implementasi Sekolah Ramah Anak untuk Membangun Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini

Tri Na'imah (Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Purwokerto)
Yuki Widyasari (Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Purwokerto)
Herdian Herdian (Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Jawa Tengah)



Article Info

Publish Date
05 Feb 2020

Abstract

Tujuan penelitian adalah mengkaji implementasi sekolah ramah anak di TK Aisyiyah di Purwokerto dan mengembangkan konsep sekolah ramah anak berbasis nilai-nilai karakter anak. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan grounded theory. Subjek penelitian guru dan kepala sekolah TK Aisyiyah 1 Purwokerto, TK Aisyiyah Teluk Purwokerto Selatan dan TK Bantarwuni, Sumbang. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi. Analisis data menggunakan analisis komparatif konstan. Hasil penelitian menunjukkan ada tiga kategori dengan lima sub kategori yang berkaitan dengan implementasi sekolah ramah anak di Taman Kanak-kanak untuk mengembangkan karakter anak , yaitu kategori persiapan, perencanaan, pelaksanaan. Taksonomi konsep sekolah ramah anak adalah school-based character education, safe school environment, friendly school, inclusive school, religous school. Implikasi pembelajaran ramah anak adalah dengan menerapkan pembelajaran inklusif, pembelajaran ramah lingkungan, pendidikan sosial, pendidikan berbasis keadilan dan pendidikan berbasis agama.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...