Penelitian ini mengkaji permasalahan mengenai strategi pemasaran produk pinjaman (kredit)pada lembaga keuangan Credit Union (CU) dengan mengambil tempat penelitian pada CU Keling KumangKantor Cabang Putussibau. Tujuan penelitian ini adalah untuk Mendiskripsikan dan mengetahui Pelaksanaanstrategi Pemasaran yang meliputi produk (Product), harga (Price), tempat (Place), dan promosi(Promotion). Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek produk memiliki keunggulan karena produkpinjaman ada 6 jenis untuk mengakomodir kebutuhan anggota, namun masih ada keinginan anggota yangbelum terpenuhi yaitu jenis pinjaman untuk pasca panen. Aspek harga yaitu variasi bunga pinjaman yangditerapkan ada dua metode perhitungan yaitu sistem bunga flat dan sistem bunga anuitas dengan kisaranbunga antara 1 % sampai 2 % sesuai dengan jenis pinjaman. Aspek tempat CU Keling Kumang sudahmemiliki kantor yang representatif untuk pelayanan anggota dan untuk aktivitas administrasi, namundaerah pelayanan yang jauh masih menjadi kendala dalam pelayanannya mengingat jarak tempuh dansulitnya medan yang dilalui. Aspek promosi, CU Keling Kumang sudah menerapkan promosi denganberbagai metode, dan metode yang sering digunakan adalah dengan pemberian brosur – brosur tentangproduk. Pemasangan spanduk, ikut serta di dalam pameran-pameran dan kegiatan pendidikan anggotasecara terjadwal setiap tahun bukunya.
Copyrights © 2017