Alauddin Journal of Mathematics Education (AJME)
Vol 2 No 1 (2020): MAY

Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share dan Two Stay-Two Stray Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematika

Hasniati, Hasniati (Unknown)
Khalisah Latuconsina, Nur (Unknown)
Nursalam, Nursalam (Unknown)
Majid, Ahmad Farham (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2020

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Think Pair Share (TPS) dan Two Stay-Two Stray (TS-TS) terhadap kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematika siswa. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperiment serta desain penelitian Non equivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPN 17 Marusu Kabupaten Maros tahun akademik 2019/2020. Penelitian ini menggunakan dua kelas dengan perlakuan yang berbeda. Instrumen penelitian menggunakan tes kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematika. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yaitu uji beda rata-rata multivariat. Model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dan two stay-two stray memberikan efek terhadap kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematika siswa. Namun model pembelajaran TS-TS memberikan efek yang lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran TPS.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ajme

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

The aim of this journal is to publish high quality research in mathematics education including teaching and learning, instruction, curriculum development, learning environments, teacher education, educational technology, educational developments, from many kinds of research such as survey, research ...