Alauddin Journal of Mathematics Education (AJME)
Vol 1 No 2 (2019)

Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) Pada Siswa

St. Hasmiah Mustamin (Unknown)
Andi Kusumayanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Oct 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematika melalui model pembelajaran auditory intellectually repetition pada siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Makassar. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment, dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes,  dokumentasi, dan wawancara. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Makassar sebanyak 40 orang yang terdiri dari 10 kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Sampel yang terpilih kelas VIII.4 sebagai kelas kontrol dan kelas VIII.5 sebagai kelas eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian diperoleh bahwa:(1) kemampuan pemahaman konsep matematika melalui model pemberlajaran auditory intellectually repetition pada siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Makassar  sebesar 27,50% berada pada kategori sedang, sedangkan tanpa menggunakan model pembelajaran auditory intellectually repetition sebesar 27,50% pada kategori rendah, (2) terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika yang menggunakan model pembelajaran auditory intellectually repetition dan tanpa menggunakan model  auditory intellectually repetition pada siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Makassar.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

ajme

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

The aim of this journal is to publish high quality research in mathematics education including teaching and learning, instruction, curriculum development, learning environments, teacher education, educational technology, educational developments, from many kinds of research such as survey, research ...