Alauddin Journal of Mathematics Education (AJME)
Vol 2 No 1 (2020): MAY

Efektivitas Pembelajaran dengan Pendekatan Brain Based Learning terhadap Pemahaman Konsep Matematika SMP

Sahid, Nur Anggraeni (Unknown)
Tayeb, Thamrin (Unknown)
Asnita, A. Ulmi (Unknown)
Majid, Ahmad Farham (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2020

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi experiment dengan menggunkan desain penelitian nonequivalent control group design. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran matematika siswa dengan menggunakan pendekatan Brain Based Learning efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bontonompo. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bontonompo Kabupaten Gowa yang berjumlah 240 orang. Teknik pengambilan sampel adalah Simple Random Sampling, yaitu kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIB sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui pemahaman konsep matematika siswa berupa tes menggunakan soal esai sebanyak 5 item. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yaitu menggunakan uji-t. Dari hasil analisis data deskriptif diperoleh rata-rata nilai kedua dari kelompok, yaitu pretest kelas kontrol sebesar 32,3 dan posttest sebesar 70,3 sedangkan pada kelas eksperimen sebelum perlakuan (pretest) sebesar 33,5 dan setelah perlakuan (posttest) sebesar 76,17. Sedangkan hasil analisis statistik inferensial diperoleh nilai thitung = 2,58 > ttabel = 1,67 (thitung > ttabel). Sehingga disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar matematika antara kelas yang menggunakan pendekatan Brain Based Learning dengan kelas yang tanpa menggunakan pendekatan Brain Based Learning pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bontonompo Kabupaten Gowa. Pendekatan Brain Based Learning efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bontonompo Kabupaten Gowa berdasarkan hasil analisis inferensial menggunakan rumus efisiensi relatif diperoleh nilai R < 1 (0,68 < 1).

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ajme

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

The aim of this journal is to publish high quality research in mathematics education including teaching and learning, instruction, curriculum development, learning environments, teacher education, educational technology, educational developments, from many kinds of research such as survey, research ...