Kelola: Journal of Islamic Education Management
Vol 1, No 1 (2016): Kelola: Journal of Islamic Education Management

Pelaksanaan Model Pengembangan Kinerja Guru pada SMA Negeri di Kota Palopo

Hilal Mahmud (Institut Agama Islam Negeri Palopo)



Article Info

Publish Date
24 Oct 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap: (1) model pengembangan kinerja guru pada SMA Negeri di Kota Palopo; (2) pelaksanaan model pengembangan kinerja guru melalui supervisi pendidikan pada SMA Negeri di Kota Palopo; dan (3) Pelaksanaan model pengembangan kinerja guru melalui pemberdayaan pada SMA Negeri di Kota Palopo. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan yang kajiannya bersifat kualitatif-verifikatif untuk mengungkap makna yang ada di balik fenomena realitas sosial tentang pelaksanaan model pengembangan kinerja guru pada SMA Negeri di Kota Palopo. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan fenomenologi dalam upaya memahami fenomena-fenomena yang berkaitan dengan realitas, situasi, kondisi, dan interaksi yang terjadi dalam pelaksanaan model pengembangan kinerja guru pada SMA Negeri di Kota Palopo. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Model pengembangan kinerja guru yang diterapkan di SMA Negeri di Kota Palopo adalah model pengembangan kinerja guru melalui supervisi pendidikan; (2) Pelaksanaan model pengembangan kinerja guru pada SMA Negeri di Kota Palopo belum berjalan optimal karena sejumlah kelemahan, yaitu: (a) perencanaan baru sebatas penjadualan kegiatan serta belum dibuat khusus dan detail berdasarkan analisis kebutuhan; (b) pembinaan dan pendampingan belum optimal dan belum fokus pada kebutuhan guru; dan (3) Pelaksanaan model pengembangan kinerja guru melalui pemberdayaan baru sebatas memenuhi kebutuhan persyaratan kenaikan pangkat. Potensi guru belum dimanfaatkan melalui pemberdayaan.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

kelola

Publisher

Subject

Education Other

Description

is a journal that supports discussion and learning in Islamic education management. This journal, published twice in Kelola, accepts published from all management educators who are approved to reflect on their professional practice and to facilitate readers in exploring what or how to teach students ...