Sumber daya manusia yang berdaya saing tinggi mampu menghadapi persaingan diharapkan melalui pendidikan dapat menjawab tantangan tersebut. Tujuan penelitian untuk menganalisa kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, profesional guru terhadap prestasi belajar Sejarah di Sekolah Menengah Kejuruan di Depok. Metode Penelitian adalah survei, menggunakan tehnik purposive sampling. Populasi sebanyak 2.747, sampel yang digunakan adalah 110. Analisis data dengan regresi linier berganda. Uji statistik menggunakan uji-F dan uji-t. Hasil penelitan menunjukkan 1). Menganalisa kompetensi profesional, kepribadian, sosial dan pedagogik guru secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Sejarah. Hal ini dibuktikan bahwa nilai Sig = 0,000 dan Fhitung = 24,373 berarti regresi tersebut signifikan. 2). Menganalisa kompetensi pedagogik terhadap prestasi belajar Sejarah. Hal ini dibuktikan bahwa nilai Sig = 0,006 dan thitung = 16,483 berarti regresi tersebut signifikan. 3). Menganalisa kompetensi kepribadian terhadap prestasi belajar Sejarah. Hal ini dibuktikan bahwa nilai Sig = 0,009 dan thitung = 17,146 berarti regresi tersebut signifikan. 4). Menganalisa kompetensi sosial terhadap prestasi belajar Sejarah. Hal ini dibuktikan bahwa nilai Sig = 0,005 dan thitung = 13,753 berarti regresi tersebut signifikan. 5). Menganalisa kompetensi profesional terhadap prestasi belajarĀ  Sejarah. Hal ini dibuktikan bahwa nilai Sig = 0,002 dan thitung = 24,224 berarti regresi tersebut signifikan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020