Tulisan ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan bahasa Indonesia para pendidik di tingkat SD yang ada di Kabupaten Gorontalo. Teknik pengumpulan data yang digunakan menggunakan angket berisi 50 butir soal mencakup 5 aspek kebahasaan yaitu aspek ejaan, bentuk dan pilihan kata, pengembangan kosakata dan istilah, kalimat, serta paragraf dan wacana. Kajian ini menemukan tingkat kemahiran bahasa Indonesia pendidik di Kabupaten Gorontalo masih rendah, yang ditunjukkan oleh nilai persentase pada tiap-tiap aspek yang rendah. Pada aspek ejaan didapatkan nilai persentase 48,79. Pada aspek bentuk dan pilihan kata didapatkan nilai persentas sebesar 17.069. Aspek kosakata dan istilah menunjukkan nilai persentase 43,966. Nilai persentase pada aspek kalimat menunjukkan angka 23,793, sementara aspek paragraf dan wacana menunjukkan nilai persentase 34,828.Kata kunci: kemahiran, ejaan, bentuk dan pilihan kata, pengambangan kosakata dan istilah, kalimat, paragraf dan wacana.
Copyrights © 2019