Jurnal Pembelajaran dan Biologi Nukleus
Vol 5, No 2 (2019): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus September 2019

Efektifitas Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Sistem Gerak Pada Tumbuhan

Nurhakima Ritonga (FKIP Universitas Labuhan Batu)
Novi Fitriandika Sari (FKIP Universitas Labuhan Batu)
Halimah Sakdiah Boru Gultom (FKIP Universitas Labuhan Batu)



Article Info

Publish Date
07 Nov 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan metode Pembelajaran berbasis masalah pada Mengindentifikasi Macam-Macam Gerak pada Tumbuhan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IPA-1 SMAN 1 Panai Tengah sebanyak 4 kelas. Sampel penelitian diambil satu kelas yaitu kelas XI. Pengambilan sampel dipilih secara Random/Acak. Hasil penelitian diperoleh rata-rata ketuntasan belajar siswa setelah ujian  pre-tes 44.82 % Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan awal siswa rendah. Berdasarkan hasil uji post tes nilai hasil belajar siswa diperoleh sebesar 89.65%. Hal ini menunjukkan bahwa kelas adanya peningkatan Rata-rata keaktifan siswa sebesar 44.83 %, Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan metode Pembelajaran berbasis masalah lebih dapat meningkatkan aktivitas siswa. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran materi Mengindentifikasi Macam-Macam Gerak pada Tumbuhan pada siswa Kelas XI IPA-1 SMAN 1 Panai  Tengah dengan menggunakan metode Pembelajaran berbasis masalah lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa dibandingkan dengan pembelajaran yang menggunakan metode konvensional. Hal ini ditunjukkan dengan tercapainya kompetensi dasar materi Mengindentifikasi Macam-Macam Gerak pada Tumbuhan pada siswa Kelas XI IPA-1 SMAN 1 Panai  Tengah Saran yang diberikan adalah penerapan metode Pembelajaran berbasis masalah perlu dikembangkan pada konsep lain yang mempunyai permasalahan yang sama

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

nukleus

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Environmental Science Immunology & microbiology Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Pendidikan Biologi merupakan jurnal elektronik yang merupakan wadah penerbitan artikel penelitian original yang terkait dengan penelitian pendidikan biologi. Jurnal ini dikelola oleh Program Studi Pendidikan Biologidibawah naungan LPPM Universitas Labuhanbatu. Jurnal ini diterbitkan dua kali ...