Jurnal Pembelajaran dan Biologi Nukleus
Vol 5, No 2: Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus September 2019

Pengaruh Strategi Pembelajaran Preview Question Read Reflect Recite Review (PQ4R) Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Pokok Sistem Ekskresi Di Kelas XI SMA Negeri 1 Bilah Hulu Kabupaten Labuhanbatu

Boru Gultom, Halimah Sakdiah (Unknown)
Ritonga, Nurhakima (Unknown)
Sari, Novi Fitriandika (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Nov 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Strategi Pembelajaran Preview Question Read Reflect Recite Review (PQ4R) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok sistem ekskresi. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Bilah Hulu Kabupaten Labuhan Batu. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain pretest–posttest control group design. Sampel penelitian ini berjumlah 30 siswa kelas XI IPA1 sebagai kelas eksperimen dan 30 siswa kelas XI IPA2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar berupa tes objektif pilihan ganda yang telah diuji keabsahannya. Pengujian statistik dari kedua kelas tersebut menggunakan uji-t, diperoleh hasil t hitung sebesar 4,958 dan t tabel 2,045. Hal ini menunjukkan bahwa thit > ttab(4,958 > 2,045) sehingga H0ditolak pada taraf signifikan α = 0.05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh strategi PQ4R terhadap hasil belajar siswa pada konsep sistem ekskresi

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

nukleus

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Environmental Science Immunology & microbiology Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Pendidikan Biologi merupakan jurnal elektronik yang merupakan wadah penerbitan artikel penelitian original yang terkait dengan penelitian pendidikan biologi. Jurnal ini dikelola oleh Program Studi Pendidikan Biologidibawah naungan LPPM Universitas Labuhanbatu. Jurnal ini diterbitkan dua kali ...