Jurnal Pembelajaran dan Biologi Nukleus
Vol 5, No 2: Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus September 2019

Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Pencemaran Lingkungan Di SMA Negeri 1 Kualuh Hulu

Nazliah, Rahmi (Unknown)
Saragih, Siti Zahara (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran terhadap: hasil belajar belajar siswa pada materi pencemaran lingkungan di SMA Negeri 1 Kualuh Hulu. Metode penelitian menggunakan quasi- eksperimen dengan sampel penelitian sebanyak 3 kelas yang ditentukan secara acak dengan menggunakan teknik cluster random sampling.  Pada kelas X-2 dibelajarkan dengan model pembelajaran guided inquiry, kelas X-5 dibelajarkan dengan model pembelajaran modified free inquiry, dan kelas X-3 dengan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda Teknik analisis data menggunakan bantuan program SPSS 22.0 for Windows, Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran terhadap Hasil belajar  dengan F=7,58 ; P=0,002 Hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model guided inquiry (72,36±11,44) secara signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan model modified free inquiry (68,27±12,05) dan yang dibelajarkan dengan Pembelajaran Konvensional (65,00±13,56). Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat model pembelajaran yang signifikan guided inquiry antara peserta didik yang diajar dengan model modified free inquiry dan peserta didik yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional pada taraf nyata α = 0,05

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

nukleus

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Environmental Science Immunology & microbiology Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Pendidikan Biologi merupakan jurnal elektronik yang merupakan wadah penerbitan artikel penelitian original yang terkait dengan penelitian pendidikan biologi. Jurnal ini dikelola oleh Program Studi Pendidikan Biologidibawah naungan LPPM Universitas Labuhanbatu. Jurnal ini diterbitkan dua kali ...