Pedagogiana - Jurnal Pendidikan Dasar
Vol. 8 No. 84 (2021): Pedagogiana - Jurnal Pendidikan Dasar

PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA DENGAN METODE SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW (SQ3R) SISWA KELAS VI DI SDN JAYABAKTI 01

NURASIAH, NURASIAH (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jan 2021

Abstract

Penelitian perbaikan pembelajaran ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi ciri ciri kalimat efektif pada teks melalui metode pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian perbaikan pembelajaran ini yaitu data dianalisis secara kualitatif atau kuantitatif sesuai dengan jenis data yang terkumpul. Data tentang hasil belajar, yang berupa skor yang diperoleh siswa dari tes yang diberikan, dianalisis secara kuantitatif. Sementara itu, komentar observer (pengamat) terhadap kinerja guru dalam pembelajaran dianalisis secara kualitatif. Penelitian perbaikan pembelajaran ini dilakukan melalui tiga tahap, yaitu pra siklus, siklus I dan siklus II. Hasil penelitian perbaikan pembelajaran ini yaitu Penggunaan metode Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi ciri ciri kalimat efektif pada teks. Dimana pada siswa yang tuntas di pra siklus ada 27% atau 12 siswa, di siklus I meningkat menjadi 76% atau 31 siswa dan kembali meningkat di siklus II menjadi 89% atau 40 siswa yang tuntas.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pedagogiana

Publisher

Subject

Other

Description

Pedagogiana Jurnal Pendidikan Dasar is published twice a year in April and Mei online writing conceptual notions studies and application of theories practitioners writing and research results and teaching in the field of knowledge elementary education. The Jurnal Pedagogiana is published by the ...