Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat kontribusi kesiapan belajar terhadap hasil belajar Gambar Bestek Bangunan mahasiswa program studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan tahun masuk 2017 sebanyak 84 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik probability sampling (Simple Random Sampling). Berdasarkan rumus Slovin dengan jumlah populasi (N) 84 pada taraf signifikansi (α) 0.05, diperoleh sampel sebanyak 70 orang. Pengumpulan data dari responden dilakukan melalui angket (kuesioner). Data kemudian dianalisis secara statistik dengan bantuan Microsoft Excel 2016 dan SPSS 17,00, menggunakan analisis korelasional. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat kontribusi kesiapan belajar terhadap hasil belajar Gambar Bestek Bangunan Mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan FT UNP. Besar koefisien korelasi yang diperoleh adalah sebesar 0,423 pada taraf signifikan 0,05. Hasil perhitungan koefisien determinasi menunjukan sumbangan yang diberikan oleh kesiapan belajar sebesar 17,89% terhadap hasil belajar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020