Journal of Informatics and Vocational Education
Vol 3, No 3 (2020): Journal of Informatics and Vocational Education

Pengaruh Strategi Practice Rehearsal Pair Dalam Model Pembelajaran Active Learning Terhadap Kreativitas Dan Collaboration Skill Siswa Pada Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis

Febri Candra Nur Baiti (Unknown)
Basori Basori (Unknown)
Cucuk Wawan Budiyanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Apakah terdapat perbedaan kemampuan kreatifitas siswa pada penerapan model pembelajaran Active Learning dengan Strategi Practice Rehearsal Pair; (2) Apakah terdapat perbedaan kemampuan collaboration skill siswa pada penerapan model pembelajaran Active Learning dengan strategi Practice Rehearsal Pair. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan true experiment design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X RPL SMK Negeri 2 Surakarta. Sampel yang digunakan adalah 64 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan soal tes dan angket. Teknik analisis yang digunakan adalah uji normalitas, uji keseimbangan, uji homogenitas dan uji hipotesis menggunakan independent sample t-test. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : (1) Terdapat perbedaan kemampuan kreatifitas siswa pada penerapan model pembelajaran Active Learning dengan Strategi Practice Rehearsal Pair (Sig.=0.000 <0.05); (2) terdapat perbedaan kemampuan collaboration skill siswa pada penerapan model pembelajaran Active Learning dengan strategi Practice Rehearsal Pair (Sig.=0.000 <0.05).

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

joive

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Other

Description

JOIVE is a peer-reviewed journal providing a forum for presenting the latest original research results and developments in the fields of informatics and applied computer science education. The journal promotes discussion among researchers, students, and practitioners in informatics and practical ...