JIPTEK : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik dan Kejuruan
Vol 7, No 1 (2014)

IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN SIMULATOR BASIC PNEUMATIC PADA MATA KULIAH PNEUMATIK HIDROLIK

Ngatou Rohman (UNS)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2017

Abstract

Metodologi pembelajaran memiliki memiliki dua aspek yaitu metode mengajar dan mediapembelajaran yang digunakan oleh guru/dosen di dalam kelas. Sebagai alat bantu pembelajaran, peran dan fungsimedia pembelajaran tidak boleh diremehkan. Sebab proses pembelajaran yang berkualitas selalu menyediakansumber belajar dan atau media pembelajaran yang kaya dan bervariasi. Media pembelajaran yang kaya danbervariasi tidak saja membuat motivasi belajar meningkat, tetapi juga menjadikan hasil belajar lebih bermaknaatau berkualitas. Dari hasil pengamatan diperoleh gambaran bahwa sebagian besar mahasiswa memiliki kesulitandalam memahami konsep mengenai katup kontrol dan katup kerja pada sistem pneumatik dan hidrolik. . Salahsatu jenis media yang dianggap sesuai untuk mengatasi permasalahan di atas adalah menggunakan mediasimulator basic pneumatic yang merupakan hasil kreatifitas mahasiswa yang menempuh mata kuliah karyainovatif. penelitian termasuk penelitian deskriptif dengan kategori penelitian eksperimen. Hal ini dikarenakandiberikan perlakuan (penggunaan media pembelajaran dalam bentuk simulator basic pneumatic) pada mahasiswauntuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang meliputi hasil belajar dan keaktifan belajar dalam mengikutiperkuliahan pneumatik hidrolik. Penelitian ini juga termasuk penelitian eksperimen semu (quasi exsperimen)jenis “ the one-shot case study”. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Teknik MesinJPTK FKIP UNS semester genap TA 2011/2012. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa yang menempuh matakuliah Pneumatik Hidrolik dengan jumlah 57 mahasiswa. Teknik analisis data hasil penelitian dilakukan dengancara menganalisis data hasil tes dan pengamatan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapatdisimpulkan penggunaan media pembelajaran dalam bentuk simulator basic pneumatik memiliki pengaruh yangpositif terhadap kualitas perkuliahan pada mata kuliah Pneumatik Hidrolik. Meningkatnya kulaitas perkuliahanditunjukkan dengan dua hal yaitu hasil belajar dan keaktifan mahasiswa dalam proses pembelajaran/perkuliahan.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

jptk

Publisher

Subject

Humanities Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Education Engineering Mechanical Engineering

Description

JIPTEK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik dan Kejuruan is a scientific publication that intended to facilitate articles and scholarly writings of empirical research in the field of Vocational and Engineering Education. JIPTEK is open for academia, students, researchers, and practitioners who aim to ...