JIPTEK : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik dan Kejuruan
Vol 12, No 2 (2019): JIPTEK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik dan Kejuruan

PERBANDINGAN NILAI HEAT TRANSFER PADA PENAMBAHAN MATERIAL COMPOSIT BATU BATA SEBAGAI UPAYA EFISIENSI ENERGY BANGUNAN GEDUNG

Budi Siswanto ((Scopus ID: 57200528064), Mechanical Engineering Education, Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) perbandingan penggantian sebagian tanah liat oleh fly ash, abu sekam padi dan abu jerami padi dilihat dari nilai berat jenis, susut bakar, kuat tekan, porositas dan conductivity batu bata komposit; (2) persentase optimal penggantian sebagian tanah liat oleh fly ash, abu sekam padi dan abu jerami padi dilihat dari nilai berat jenis, susut bakar, kuat tekan, porositas dan conductivity batu bata komposit untuk mendapatkan batu bata dengan daya hambat panas maksimal. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Karakteristik batu bata yang diuji pada penelitian ini adalah berat jenis, susut bakar, porositas, kuat tekan, dan konduktivitas termal. Benda uji yang digunakan terbuat dari tanah liat dengan campuran fly ash, abu sekam padi dan abu jerami padi dengan dimensi 23 cm x 11 cm x 5 cm. Hasil penelitian adalah sebagai berikut ini. Pertama, ada pengaruh penggantian sebagian tanah liat terhadap nilai thermal conductivity (Fhitung 57,927 > Ftabel 4,67). Kedua, Persentase 50% merupakan persentase optimal penggantian sebagian tanah liat dengan daya hambat panas sebesar 0,201 Kcal/mhºC.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jptk

Publisher

Subject

Humanities Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Education Engineering Mechanical Engineering

Description

JIPTEK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik dan Kejuruan is a scientific publication that intended to facilitate articles and scholarly writings of empirical research in the field of Vocational and Engineering Education. JIPTEK is open for academia, students, researchers, and practitioners who aim to ...