mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran aktif metode demonstration dan experiment dalam matapelajaran Pekerjaan Dasar Konstruksi Bangunan (PDKB) di SMK Negeri 2 Surakarta.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dan luaran dari penelitian ini adalahmemperbaiki proses pembelajaran dalam pelajaran PDKB di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Surakartamelalui penerapan metode pembelajaran aktif metode demonstration dan experiment.Penelitian PTK ini dilakukan di SMK Negeri 2 Surakarta. Pelaksanaan penelitian tindakan kelasdilaksanakan dalam waktu 6 bulan mulai bulan Mei sampai Oktober 2010. Subjek dalam penelitian ini adalahpeserta didik kelas X Teknik Gambar Bangunan (TGB) pada Tahun Pelajaran 2009/2010. Data dalam penelitianini diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan tes yang dilakukan terhadap peserta didik terhadappemahaman mata pelajaran Pekerjaan Dasar Konstruksi Bangunan (PDKB) melalui model pembelajaran aktifmetode demonstration dan experiment. Sumber data dalam penelitian ini adalah Pendidik dan peserta didik padamata pelajaran PDKB kelas X Teknik Gambar Bangunan (TGB) SMK Negeri 2 Surakarta sebagai kolaborasipeneliti. Validitas data, dalam penelitian ini digunakan teknik triangulasi data. Teknik analisis data yangdigunakan adalah model analisis interaktif. Prosedur yang dilaksanakan dalam penelitian tindakan kelas iniberlangsung sampai pada dua siklus dengan tahapan langkah mencakup 1) perencanaan tindakan , 2)pelaksanaan tindakan, 3) observasi dan 4) refleksi.Hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan bahwa dengan penerapan metode demonstration andexperiment pada mata pelajaran PDKB, dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan peningkatan ketuntasanbelajar peserta didik dari 67,65% (siklus I) menjadi 85,30%(siklus II), Selain itu dengan penerapan metodedemonstration dan experiment pada mata pelajaran PDKB dapat meningkatkan keaktifan peserta didik kelas XTeknik Gambar Bangunan (TGB).
Copyrights © 2014