Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penurunan konsumsi bahan bakar pada sepeda motor dengan pemasangan jenis turbo cyclone dan intake manifold modifikasi dibandingkan dengan kondisi sepeda motor standar. Penelitian dilakukan dengan menggunakan putaran mesin atau rotation per minutes (rpm) sebagai variabel kontrolnya, yaitu pada 1500 rpm, 4500 rpm dan 7500 rpm. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Hasil dari penelitian ini adalah konsumsi bahan bakar mengalami penurunan paling baik pada saat menggunakan free vane turbo cyclone dengan intake manifold standar dengan rata-rata penurunan sebesar 0,67 ml/menit atau 13,4% pada putaran mesin 1.500 rpm, pada putaran mesin 4.500 rpm sebesar 1,5 ml/menit atau 11,54%, dan pada putaran mesin 7.500 rpm sebesar 1,5 ml/menit atau 7,5%. Dan untuk jumlah total konsumsi bahan bakar mengalami penurunan sebesar 11 ml/menit atau 9,65% bila dibandingkan dengan kondisi standar.
Copyrights © 2019