Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB
Vol 2, No 1: Semester Ganjil 2013/2014

ANALISIS PERILAKU INDIVIDU DALAM PENERIMAAN SISTEM BERBASIS INTERNET BANKING

Vergiawan Septianto Dwi Saputra (Unknown)
Eko Ganis S (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Sep 2013

Abstract

Penelitian ini  bertujuan untuk menganalisis  perilaku individu dalam penerimaan untuk menggunakan layanan  internet banking  dengan memodifikasi model Technology Acceptance Model (TAM) yang dikembangkan oleh Davis pada tahun 1989. Metode dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dengan model interaktif.  Peneliti  mengambil  enam  nasabah bank yang menggunakan  internet banking  dalam menjalankan aktivitas perbankannya di Kota Malang  sebagai obyek penelitian. Gambaran ini diperoleh melalui wawancara langsung terhadap objek penelitian.  Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa secara garis besar  para responden memiliki kepercayaan terhadap fasilitas yang ditawarkan oleh internet banking yang terkait dengan jaminan keamanan transaksi yang dilakukan dan adanya jaminan dari bank yang bersangkutan.  Berdasarkan persepsi  kegunaannya,  internet banking  dapat memberikan kecepatan dan kemudahan dalam melakukan transaksi perbankan. Dari segi persepsi kemudahan, internet banking menunjukkan adanya  kemudahan dalam proses pengoperasian dan mendapatkan infomasi yang jelas.  Sikap penguna  internet banking menunjukkan bahwa selama ini responden puas dengan fasilitas yang ditawarkan karena  memberikan dukungan atas transaksi yang dilakukan. Hasil analisis menunjukkan bahwa para responden tetap memiliki minat dalam menggunakan fasilitas yang ditawarkan oleh  internet banking. Bagi pengguna   internet banking disarankan untuk lebih berhati-hati  dan teliti  dalam proses transaksi dengan menggunakan  internet banking dan menggunakan provider atau jaringan internet yang terpercaya sehingga aktivitas perbankan dapat dilakukan secara optimal. Kata Kunci:  Technology Acceptance Model  (TAM),  Kepercayaan, Persepsi Kegunaan,  Persepsi Kemudahan, sikap, minat,  Internet Banking, Kota Malang.

Copyrights © 2013