Jurnal Pembelajaran Inovatif
Vol 2 No 2 (2019): Jurnal Pembelajaran Inovatif

Pengembangan Instrumen Analisis Kinerja untuk Tutor Online di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Terbuka

Wulanda Sari (Student)
Erry Utomo (Unknown)
Cecep Kustandi (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen analisis kinerja untuk mengidentifikasi kesenjangan kinerja tutor dari kegiatan tutorial online di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP UT) berdasarkan teori Behaviour Engineering Model oleh Thomas Gilbert. Pengembangan instrumen mengadaptasi langkah-langkah yang dikemukakan oleh Jean Barbazette (2006) yakni Fourteen Key Elements inf Making Surveys. Instrumen yang dihasilkan adalah dua buah kuesioner yang dikemas secara online melalu google form. Instrumen yang dihasilkan diuji kelayakannya dengan analisis teoretis oleh para ahli dan analisis empiris dengan mengujicobakan instrumen pada responden. Ahli yang dilibatkan adalah ahli materi, ahli evaluasi, dan ahli bahasa. Uji coba instrumen dilakukan pada 48 orang tutor online FKIP UT. Hasil penelitian menghasilkan instrumen analisis knerja berupa kuesioner yang telah ditinjau oleh para ahli dengan kategori sangat sesuai. Setelah diuji coba dengan SPSS, seluruh butir instrumen dinilai valid dan reliabel dengan tingkat reliabilitas sebesar 0,922 dengan kategori sangat andal. Berdasarkan hasil tersebut, instrumen dapat dikatakan layak untuk digunakan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jpi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Focus and Scope Focus Pembelajaran Inovatif mendorong dosen, mahasiswa, praktisi, pemerhati, peminat TP dan guru untuk meneliti, menelaah, mengkaji, menelurkan gagasan kreatif terkait proses belajar di abad 21 & pembelajaran dari pendekatan konvensional namun inovatif hingga menggunakan teknologi ...