Jurnal Real Riset
Vol 2, No 2 (2020): Edisi Khusus 2020

Pengaruh Penggunaan Teknik Membaca Super Gaya Accelerated Learning terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kota Lhokseumawe

Nuraiza, Hayatun Rahmi (UNIVERSITAS JABAL GHAFUR)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menelaah pengaruh penggunaan teknik membaca super gaya accelerated learning terhadap peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa. Desain penelitian ini adalah kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol pretes dan postes. Kelompok eksperimen memperoleh pembelajaran dengan teknik membaca accelerated learning dan kelompok kontrol memperoleh pembelajaran konvensional. Untuk mendapatkan data hasil penelitian digunakan instrumen berupa tes kemampuan membaca pemahaman dan observasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 1 Kota Lhokseumawe  dengan sampel penelitian siswa kelas XI sebanyak dua kelas yang dipilih secara purposif. Analisis kuantitatif dilakukan terhadap data postes dan gain ternormalisasi kemampuan membaca pemahaman antara kedua kelompok sampel dengan menggunakan uji perbedaan rerata dua populasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca pemahaman siswa yang memperoleh pembelajaran dengan menggunakan teknik membaca super gaya accelerated learning lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Hasil observasi siswa yang mendapat pembelajaran dengan teknik membaca super gaya accelerated learning lebih baik dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JRR

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Education Environmental Science Social Sciences

Description

Jurnal Real Riset (JRR) eISSN 2774-7263, pISSN 2685-1024, merupakan salah satu wadah mempublikasikan tulisan hasil penelitian bagi para dosen Universitas Jabal Ghafur dan peneliti lainnya diberbagai bidang ke ilmuan yang berasal dari berbagai Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta ...