Jendela Pendidikan
Vol 10 No 1 (2020): JENDELA PENDIDIKAN

Penerapan Model Belajar Problem Solving untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan di SMK Negeri 2 Magelang

Sarah Nursiwi (SMK Negeri 2 Magelang)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2020

Abstract

Permasalahan pada pembelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan (PPK) di SMK Negeri 2 Magelang adalah sering ditemukan guru yang kurang mampu menghubungkan relevansi pelajaran dengan kenyataan praktis dan keterkaitannya dengan ilmu-ilmu lain, situasi dan kondisi belajar yang tidak nyaman dan kurang variatif, minimnya penggunaan media, guru cenderung menggunakan model pembelajaran konvensional. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan metode problem solving sebagai strategi pembelajaran. Objek penelitian adalah siswa kelas kelas XII BDP3 semester gasal di SMK Negeri 2 Magelang tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian dilakukan selama satu bulan pada Oktober 2019 dengan siswa berjumlah 29 orang. Dari hasil penelitian ini diketahui penerapan metode problem solving dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Nilai rata-rata siswa sebelum penelitian adalah 69,40 (rendah), pada Siklus 1 adalah 75,41, dan pada Siklus 2 naik menjadi 84,31 (tinggi).

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JendelaPendidikan

Publisher

Subject

Education Other

Description

Naskah berisi bahasan teori ,artikel, atau hasil penelitian yang berhubungan dengan kajian humaniora, sains, dan pengajaran atau ...